Profil dan Perjalanan Karier Once Mekel, Dari Penyanyi Hingga Caleg




Once Mekel merupakan mantan vokalis Dewa 19 dan penyanyi legendaris ini resmi bergabung menjadi caleg pemilu 2024 fraksi PDIP. Hal ini disampaikan oleh Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Jenderal PDIP, bahwa ada sejumlah artis yang akan menjadi calon anggota legislatif dari PDI Perjuangan, yaitu Denny Cagur, Once Mekel, dan Marcell Siahaan pada Kamis (11/05) di Kantor KPU RI. 

Sejumlah artis tersebut dinilai memiliki kompetensi dan peluang kuat untuk maju di pemilu 2024, termasuk Once Mekel yang pada dasarnya memiliki kemampuan dan pengetahuan mendasar tentang politik. Lantas, bagaimana sosok Once Mekel? Berikut ini profil dan sepak terjangnya dari penyanyi hingga Caleg. 


1. Profil Once Mekel 

Once Mekel atau yang memiliki nama asli Elfonda Mekel lahir pada 21 Mei 1970. Dirinya merupakan mantan vokalis Dewa 19 dan kini menjadi penyanyi solo. Kecintaannya pada musik berawal saat dirinya menggantikan posisi vokalis pada festival band saat duduk di bangku SMP. Mulai saat itu dirinya semakin termotivasi untuk menjadi penyanyi dan mendalami dunia musik. 

Saat tamat SMA, dirinya pernah menjadi vokalis bandnya dan mendapatkan honor meskipun tidak seberapa. Bandnya pun pernah menjadi pengiring untuk Ita Purnamasari. Tidak hanya itu saja, Once Mekel juga sering bernyanyi di gereja. 

Meskipun memilih karier sebagai musisi, Once Mekel tidak mengesampingkan pendidikan. Diketahui dirinya merupakan lulusan Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia. Adapun detail pendidikan yang pernah ditempuh oleh Once yaitu TK Tabitha, SD Strada Wiyatasana, SMP Tirta Marta, SMA Tirta Marta. 

Pada 2005, Once Mekel menikahi kekasih yang sudah dipacarinya selama 3 tahun, Rietma Dhanty Angelica Immaculata Tauchid dan dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Manuel Mekel. 

2. Harta Kekayaan Once Mekel 

Musisi yang berangkat dari penyanyi solo ini ternyata memiliki harta kekayaan yang jumlahnya tidak sedikit. Melansir dari popnable.com, pada 2023 pendapatannya berkisar antara Rp 78,8 juta hingga Rp 111,5 juta. Tidak hanya itu saja, Once Mekel diketahui memiliki sebuah kendaraan sebagai mobilitas sehari-harinya yang ditaksir harganya mencapai Rp 1,4 miliar. 

3. Perjalanan Karier Once Mekel 

Bermain musik sejak SMP menjadi jalan Once Mekel terjun ke dunia musik profesional. Musisi kelahiran Makassar ini sebelumnya adalah penyanyi solo dan telah mengeluarkan lagu yang berjudul Juwita Pandang (1991), Anggun (1999).

Pemilik suara khas ini kemudian bergabung menjadi vokalis Dewa 19 pada tahun 1999 menggantikan vokalis Dewa 19, Ari Lasso yang tersandung kasus narkoba. Sejak saat itu nama Once Mekel semakin dikenal oleh banyak orang. 

Tahun terus berjalan, selama berkarier dengan Dewa 19 telah mengeluarkan banyak lagu dan album yang hingga kini masih didengar oleh penikmat musik seperti Roman Picisan, Dua Sejoli, Risalah Hati dan Cemburu. Album Bintang Lima menjadi album yang paling banyak terjual hingga mencapai 1,7 juta copy. 

Meski sudah terkenal hal itu tidak membuat ia puas. Pada 2005, dirinya merilis single berjudul Dealova. Berkat single tersebut, Once berhasil membawa pulang piala sebagai Penyanyi Solo Terbaik dan Lagu Pop Terbaik dalam ajang penghargaan AMI Awards 2006.

Kariernya di Dewa 19 pun berakhir pada 2010 di mana dirinya mengundurkan diri dengan alasan ingin fokus berkarir solo. Setelah keluarnya Once Mekel, Dewa 19 kemudian resmi dibubarkan. Selama karier solonya, Once merilis satu album solo. 

Adapun beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh Once Mekel: 

Artis Solo Pria Pop Terbaik (2006) 

Album Rock/Punk/Metal Terbaik "Once" (2013)

Karya Produksi Kolaborasi Terbaik (2013) 

Artis Solo Pria/Wanita Rock/Rock Instrumental Terbaik (2020)

Selain berkarier sebagai penyanyi, penyanyi usia 53 tahun ini juga mencoba berkiprah di dunia politik. Saat ini, Once Mekel sudah resmi terdaftar sebagai Caleg 2024 dari fraksi PDIP. Sejak kuliah Once suka mengikuti diskusi politik di kampusnya dan mengamati perpolitikan di Indonesia. Namun saat itu, dirinya belum tertarik untuk terjun ke dunia politik, meski banyak partai politik yang mengajaknya untuk bergabung. Hingga pada 2023, dirinya memilih bergabung bersama PDIP. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama